oke sob sebaik nya kita mengetahui apa itu problem pembelajaran bahasa arab sob...
Pemebelajaran bahasa arab bagi non arab dimulai dari pertama kali pada abad ke 17, ketika bahasa arab mulai diajarkan di universitas cambridge inggris. sementara di amerika, perhatian terhadap pembelajaran baru di mulai pada tahun 1947 di sekolah sekolah tantara Amerika. Di Mesir, terdapat banyak pusat pembelajaran bahasa arab, ditandai dengan banyak nya proyek pengembangan bahasa arab yang ada. pada setiap pusat pusat pembelajaran bahasa ini, di pastikan ada proyek pengembangan bahasa arab lengkap dengantujuan khusus, sejumlah perencaan dan materi materi nya ( yunus dan muhammad 'abd al rauf , 2003:22)
Pembelajaran bahasa arab bagi non arab merupakan satu hal yang tak bisa dihindari, karena urgensi bahasa arab bagi masyarakat saat ini, cukup tinggi baik yang muslim maupun non muslim. Hal ini terbukti dengan dengan banyak nya lembaga lembaga pembelajaran bahasa arab diberbagai negara antara lain lembaga radio mesir, universitas amerika di mesir, institut kajian keislaman di madrisd spanyol, institut syamlan di lebanon, markaz kortum di sudan, lipia jakarta , institut institut pembelajaran bahasa arab milik yayasan al- khoiry dari emirat arab yang tersebar di indonesia, masing masing di surabaya, makasar, malang, bandung dan solo, pondok pondok pesantren di pelosok negeri ini ( Syuhadak, 2006:19)
Banyak alasan mengapa orang orang non arab mempelajari bahasa arab,seperti disebutkan oleh thu'aimah (tt: 31-32 ),antara lain: a) motivasi agama terutama islam karena bahasa kitab suci kaum muslimin berbahasa arab menjadikan bahasa arab harus dipelajari sebagai alat untuk memahami ajaran agama yang bersumber dari kitab suci al quran b). orang non arab akan merasa asing jika berkunjung ke jazirah arabia yang biasa nya menggunakanpercakapan bahasa arab baik 'amiyyah maupun fusha jika tidak menguasai bahasa arab : c) banyak karya karya para ulama bahkan hingga berkembang sewasa ini menggunakan bahasa arab dalam kajian kajian tentang agama dan kehidupan keberagaman kaum muslimin di dunia. sehingga, untuk menggali dan memahami hukum maupun ajaran ajaran agama yang ada di buku buku klasik maupun modern, mutlak menggunakan bahasa arab.
Pembelajaran bahasa arab dengan berbagai karakteristik nya serta motivasi mempelajari nya di kalangan masyarakat non arab, karena bahasa arab tetap bukanlah bahasa yang mudah untuk dikuasai secara total . problematika yang biasanya muncul dalam pembelajaran bahasa arab bagi non arab terbagi kedalam dua bagian, problematika yang biasa nya muncul dalam pembelajaran bahasa arab bagi non arab terbagi kedalam dua bagian, problematika linguistik dan non linguistik. termasuk problem linguistik yaiitu tata bunyi, kosakata, tata kalimat dan tulisan.
sementara yang termasuk problem non linguistik yang paling utama adalah problem yang menyangkut perbedaan sosiokultural masyarakat arab dengan masyarakat non arab.
ADS HERE !!!